Cave Tubing Kalisuci, Berpetualang Menyusuri Sungai Bawah Tanah

Cave Tubing Kalisuci, Berpetualang Menyusuri Sungai Bawah Tanah

Paket Wisata Murah di Jogja – Kabupaten Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di DIY yang pariwisatanya berkembang pesat saat ini. Pegunungan kapur atau karst mendominasi kawasan ini sehingga sering dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Setelah dikelola dengan profesional maka Gunung Kidul menjadi tempat wisata paling disukai wisatawan yang datang ke Jogja. Di balik gersangnya pegunungan kapur, kawasan ini mempunyai banyak potensi wisata yang dapat dinikmati saat berwisata ke tempat ini. Karena memiliki banyak bukit kapur maka kawasan ini pun memiliki gua-gua alami. Sebagian gua-gua tersebut mengalir sungai bawah tanah yang mengalir.

Terdapat beberapa tempat wisata yang mana wisatawan akan diajak melakukan kegiatan petualangan di alam salah satunya adalah desa wisata Kalisuci. Di objek wisata ini, wisatawan yang datang akan diajak menikmati sensasi susur gua memakai ban pelampung. Tidak hanya itu mereka akan merasakan asiknya jeram-jeram yang di sungai tersebut. Aktivitas tersebut dikenal dengan sebutan cave tubing yaitu kegiatan yang menggabungkan caving atau susur gua dan body rafting atau arung jeram memakai ban.

Paket Wisata Murah di Jogja

Di Kalisuci ini pengunjung bisa merasakan serunya meluncur membelah mulut gua dan menyusuri aliran sungai lengkap dengan jeram-jeram yang ada di sepanjang perjalanan. Kegiatan ini terhitung kegiatan cukup berbahaya karena terdapat banyak jeram yang deras dan berbahaya. Oleh sebab itu, sebelum melaksanakan aktivitas ini wisatawan diharuskan memakai perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung, pelindung kaki, alas kaki, dan helm pelindung. Semuanya harus dipasang dengan benar. Setelah siap pemandu lokal akan mengantar wisatawan untuk berjalan menuju ke mulut gua. Mereka akan berjalan menyusuri jalan menurun yang cukup curam dengan jarak sekitar 150 meter sampai tiba di mulut gua.

Sampai di mulut gua, pemandu akan melakukan briefing singkat dan menjelaskan mengenai hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama kegiatan berlangsung. Salah satu contohnya adalah untuk tidak membawa perhiasan, membawa HP, serta untuk yang punya penyakit asma atau masalah kesehatan lainnya supaya menginformasikan ke pemandu agar mereka bisa mempersiapkan diri jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Setelah selesai, pemandu akan meminta wisatawan untuk menaiki pelampung mereka satu-persatu. Saat semuanya sudah turun maka kegiatan menyusuri sungai pun dimulai.

HARGA TIKET DAN JAM BUKA CAVE TUBING KALISUCI:

Untuk masuk kawasan ini pengunjung harus membayar retribusi sebesar Rp. 5000,-. Untuk biaya cave tubing Kalisuci perorangan sebesar Rp. 80.000,- (harga tiket bisa berganti sewaktu-waktu tanpa pemberian terlebih dahulu). Syarat lainnya dari kegiatan ini adalah Cave tubing Kalisuci baru dapat dilakukan saat pesertanya berjumlah minimal 5 orang. Kalisuci di buka dari 08.00 – 16.00 WIB. Objek wisata ini buka setiap hari kecuali saat hujan dan debit air tinggi.

LOKASI CAVE TUBING KALISUCI:

Tempat wisata ini berada di Dusun Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perlu waktu Sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari Yogyakarta. Objek ini bisa menjadi paket wisata murah di Jogja

TIPS MENGUNJUNGI KALISUCI:

  1. Tempat wisata ini sangat tergantung debit air sungai, sehingga hubungi pengelola terlebih dahulu agar tidak kecewa saat datang ternyata tutup.
  2. Wajib bawa baju ganti sebab Anda akan basah kuyup.
  3. Perhiasan seperti anting, kalung, gelang alangkah baiknya disimpan selama kegiatan berlangsung.
  4. Jaga kondisi badan Anda karena aktivitas ini menguras tenaga.
  5. Untuk peserta yang punya penyakit asma atau penyakit pernafasan lainnya jangan lupa membawa obat serta beri tahu hal tersebut kepada pemandu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *